Dalam pengerjaan sebuah proyek entah itu proyek industri, bangunan, atau pertambangan biasanya membutuhkan alat berat untuk menyelesaikannya. Biasanya terdiri dari bulldozer, excavator, wheel loader, motor grader, mobile crane, dan lain-lain. Namun, tentu yang sering kita temui adalah excavator. Hanya saja apakah Anda sudah tahu apa itu?

Nah, dalam pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang apa itu excavator dan tips memilihnya secara tepat untuk kebutuhan proyek.

Pengertian Excavator dan Kegunaannya

Excavator adalah sebuah alat berat yang memiliki bagian-bagian berupa boom (bahu), lengan (arm), dan bucket. Alat ini sendiri dioperasikan dengan tenaga hidrolis yang dijalankan dengan mesin diesel. Mesin diesel ini berada di atas track shoe atau rantai. Penggunaan alat ini sangat penting dalam proyek konstruksi karena membutuhkan alat berat untuk memindahkan material dari satu tempat ke tempat lainnya.

Alat berat ini sendiri termasuk serbaguna karena dapat melakukan pekerjaan konstruksi lainnya. Contohnya saja membuat kemiringan atau sloping pada material, kemudian membuat dump stuck, juga bisa digunakan sebagai breaker atau pemecah batu. Karena alat ini cukup multi fungsi, membuatnya bisa digunakan untuk pekerjaan di darat maupun di atas air.

Untuk sebagian wilayah di Indonesia, nama lain excavator adalah bego atau beko. Hal itu tentu saja membuat alat berat yang satu ini kurang populer. Untuk nama beko sendiri berasal dari Bahasa Inggris (Backhoe) yang berarti sebuah excavator yang berada di belakang mesin traktor. Biasanya digunakan untuk membantu pekerjaan di lahan pertanian.

Untuk fungsi utamanya sendiri, alat ini memiliki beberapa fungsi. Berikut ini 10 fungsi excavator untuk pembangunan.

  1. Menggali lubang untuk membuat parit atau fondasi bangunan
  2. Menangani berbagai macam material
  3. Memotong material
  4. Untuk pekerjaan kehutanan
  5. Untuk meratakan tanah
  6. Untuk mengangkut material berat
  7. Melakukan penghancuran material
  8. Untuk pertambangan khususnya pertambangan pit terbuka
  9. Bisa digunakan sebagai alat pengeruk sungai
  10. Dapat pula menghancurkan batang untuk pondasi

Tipe-Tipe Excavator Sesuai Kebutuhan Anda

Tempat proyek pembangunan tentu saja memiliki medan dan karakteristik yang berbeda-beda. Hal ini pula yang membuat alat tersebut memiliki beberapa jenis yang bisa digunakan sesuai dengan kebutuhan. Misalnya saja untuk galian tanah yang dalam atau ringan, dan untuk digabungkan dengan alat berat lainnya.

  1. Tipe Dragline

Excavator tipe dragline ini adalah sebuah alat penggali yang dihubungkan dengan tali besi. Gunanya sendiri untuk menggali material yang kemudian diletakkan ke dalam alat pengangkut seperti truk maupun daerah penimbunan. Biasanya digunakan di area pengerukan luas seperti pertambangan.

Tipe dragline ini dikelompokkan menjadi 3, yaitu

  1. Crawler Mounted

Jenis ini biasanya digunakan untuk mengangkut material dengan daya rendah. Untuk kecepatannya sendiri, ia perlu alat angkut lain agar bisa sampai di tujuan lokasi pengerjaan.

  • Wheel Mounted

Untuk kecepatan roda dari jenis ini dapat mencapai 30 Mph. Sehingga tidak terlalu membutuhkan alat angkut lainnya.

  • Truck Mounted

Untuk jenis ketiga ini biasanya dipasang di atas truk sehingga memiliki nama Truck Mounted.

Nah, untuk pengerjaannya sendiri, tipe dragline biasanya membutuhkan lebih dari satu bucket berbagai ukuran sesuai panjang boom dan material yang hendak digali.

  1. Tipe Kompak

Untuk tipe yang kedua ini biasanya digunakan untuk pekerjaan yang membutuhkan memuat tanah, menggali, atau mengangkat material. Tipe kompak ini memiliki mesin diesel berbahan bakar yang nantinya akan menghasilkan gerakan motorik dan pompa hidrolik. Gerakan itu nantinya akan menghasilkan minyak untuk silinder dan peralatan lainnya.

Tips Memilih Excavator Sesuai Dengan Kebutuhan Pembangunan

Untuk membeli atau menyewa alat yang satu ini tentu tidaklah mudah. Hal ini karena banyak sekali iklan yang memberikan penawaran fasilitas dan harga yang menarik. Namun, Anda tetap harus pandai untuk memilih excavator yang berkualitas ini agar proyek pembangunan yang sedang dikerjakan dapat berjalan lancar.

Nah, berikut ini hal-hal yang harus diperhatikan ketika akan membeli atau menyewa excavator.

  1. Tenaga Mesin

Mengapa kita harus memperhatikan jenis mesin yang digunakan pada alat ini? Karena jenis mesin akan berpengaruh pada performanya dalam menyelesaikan kedalaman galian dan banyaknya bahan bakar yang digunakan. Selain itu juga berperan penting dalam sistem perawatannya.

Untuk jenis ringan dengan ukuran di bawah 20 ton bisa menggunakan spesifikasi antara 95 – 120 HP. Untuk jenis Crawler dengan ukuran 20-40 ton bisa menggunakan spesifikasi 150 – 275 HP. Sedangkan untuk jenis berat di atas 40 ton, bisa menggunakan spesifikasi sebesar 367 – 532 HP.

Dengan menyesuaikan power dan ukuran galian serta lokasi beban pengerjaannya, Anda bisa menghemat biaya bahan bakar hingga biaya perawatannya. Sehingga dana untuk pembangunan ini bisa dialokasikan untuk kebutuhan lainnya untuk mempercepat waktu pengerjaan proyek.

  1. Kedalaman Galian

Untuk menghitung kedalaman galian ini bisa menggunakan perkiraan pengerjaan yang sebelumnya telah dilakukan, atau bisa juga dengan menghitung seberapa sering Anda akan melakukan galian. Hal ini karena semakin dalam kemampuan menggali, maka akan semakin besar biaya yang harus Anda keluarkan.

Maka dari itu sangat penting mendapatkan informasi mengenai kedalam galian ini agar Anda bisa menghemat biaya dalam pengerjaan proyek nantinya.

Yuk Sewa Alat Berat di Rayyan Multi Karya!

Nah, itu dia sedikit ulasan kami mengenai pengertian, jenis-jenis excavator, dan tips memilihnya secara tepat untuk proyek Anda. Cara-cara di atas bisa Anda terapkan sesuai dengan kebutuhan agar dapat memperlancar proses pembangunan yang sedang dikerjakan. Apabila bermanfaat, Anda bisa membagikan artikel ini kepada keluarga, sahabat, atau teman yang sedang membutuhkan ya.

Oh iya, bagi Anda yang sedang mencari keperluan alat berat untuk pembangunan proyek bisa menghubungi kami di Rayyanmultikarya.co.id yang menyediakan berbagai macam persewaan alat berat, trading businessrepair and maintenance.

Kami telah memiliki pengalaman dalam mengelola jasa persewaan, trading, maupun service alat berat selama bertahun-tahun. Selain itu, kami juga memiliki visi misi sebagai perusahaan yang berkarakter, membangun sumber daya manusia yang tangguh, dan membantu pemberdayaan ekonomi masyarakat untuk dunia usaha dan pemerintah.

Untuk jenis-jenis alat beratnya sendiri kami menyediakan Skid Steer Loader, Forklift, berbagai jenis excavator, Lighting Tower, Bobcat, Dozer, Wheel Loader, Genset Olympian, Vibro, dan lain-lain.

Untuk informasi mengenai rental dan service kami secara online, Anda bisa langsung menuju https://rayyanmultikarya.co.id/rental-services/. Sedangkan untuk alamat lengkap kami bisa Anda cek di Jalan Industri No.91 Sidoarjo, Jawa Timur, Indonesia. Untuk nomor telepon bisa langsung Anda hubungi di (031) 99720201, atau bisa juga melalui nomor HP di  +6285103116034 dan +6282133164884. Untuk alamat email kami, bisa Anda hubungi di marketing@rayyanmultikarya.co.id.